Bersikaplah Masa Bodoh, Maka Semuanya Akan Baik-baik Saja?

Gambar diambil dari youtube.com

Wow, apakah Anda setuju dengan saya?

Anda boleh setuju, boleh juga tidak. Yang jelas, judul ini terinspirasi dari buku yang sudah saya baca berjudul “Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat” karya Mark Manson. Dan saya ingin membaginya dengan Anda. Ya, barangkali bisa memberikan sudut pandang baru, kemudian pola pikir menjadi luas, hidup pun menjadi lapang. Terlepas dari apakah Anda setuju atau tidak ya say!

Langsung saja kita mulai dengan gaya bahasa Mark Manson dalam menyampaikan pemikiran uniknya!

Penulis cukup vulgar (berani) mengungkapkan kalimat-kalimat paradoks yang bertentangan dengan keyakinan orang kebanyakan, termasuk saya dan mungkin Anda juga.

Di halaman 1 saja penulis berani menggunakan kisah seorang pecundang bernama Charles Bukowski sebagai pembuka. Mark menyebut Bukowski  adalah sosok “inspiratif” yang bisa kita teladani. Salah satu keteladanan tersebut adalah “Jangan berusaha”. Maksudnya, jangan berusaha untuk bahagia, jangan berusaha biar kaya, jangan berusaha jadi yang terbaik, dan seterusnya.

Kok gitu?

Karena menurutnya, semakin kita berusaha menjadi baik, maka, justru ke-tidakbaikan-lah yang kita dapatkan/rasakan.

Jadi, harus gimana dong?

Bersikaplah masa bodoh, maka kita akan mendapatkan yang terbaik dan semuanya akan baik-baik saja. Kuncinya adalah menerima bahwa dunia ini benar-benar keparat dan itu tidak apa-apa, karena memang seperti itu, dan akan seperti itu adanya.

Halaman 9

Apa pun yang Anda lakukan, hidup ini akan tetap berisi kegagalan, kerugian, penyesalan, dan bahkan kematian. Karena begitu Anda nyaman dengan semua tahi yang dilemparkan oleh kehidupan pada Anda (percayalah, akan ada sangat banyak), Anda akan menjadi tak terkalahkan pada level spiritual yang paling dasar.

Halaman 24

Silakan ambil nafas, lalu keluarkan perlahan…. Haha. Gimana, apakah Anda berminat membaca buku ini?

Tenang aja sist, bukunya tidak se-ekstrim yang kalian bayangkan kok. Di buku ini, penulis sudah menjelaskan:

“Saat kebanyakan orang membayangkan mental masa bodoh ini, mereka membayangkan sejenis kekaleman yang tidak terpengaruh apa pun, ketenangan yang mampu melewati semua badai. Mereka membayangkan dan ingin menjadi seseorang yang tidak tergoyahkan dan tidak membuat gusar siapa pun.

Ada sebutan untuk orang yang tidak punya emosi atau pemahaman untuk apa pun: psikopat. Mengapa Anda ingin meniru seorang psikopat, saya tidak habis pikir.

Halaman 16

Jadi, apa arti masa bodoh di sini?” Daripada penapsaran, cus langsung baca bukunya aja sist! Over all, bukunya unik. Kalo saya yess!

About the Author

Leave A Response