WORKSHOP

Pengalaman Mengisi Pelatihan Keterampilan di Dinas Pendidikan: 5 Tips Ala YouNick!

1. Siapkan alat dan bahan.

Pastikan semua peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan tidak ada yang tertinggal, lalu kemas dengan rapi. Jangan sampai ada yang kurang karena bisa mengganggu kelancaran acara. Pengalaman saya, kancing yang saya bawa kurang banyak, jadi ada beberapa peserta yang tidak kebagian. Ini sayang banget, harusnya kan bisa langsung dipake trus foto bareng 😉.

Contoh bros hijab dari kain crepe dengan pemanis kancing berbahan batok kelapa di tengahnya. Btw, di situ alamat blog-nya masih younick.id, karena nggak bisa dibuka jadi kuganti blogyounick.com dah #akurapopo.

Pernah juga saya bawa jarum terlalu sedikit, padahal banyak yang pengen latihan! Walapun panitia sudah mengingatkan peserta untuk membawa peralatan dasar sendiri, biasanya ada saja yang tidak membawa karena berbagai alasan, misalnya lupa, ketinggalan di rumah, dan lain sebagainya. Akibatnya, mereka harus antri menunggu ada pinjaman. Suasana pelatihan jadi kurang hidup yakaan.

Ibu-ibu Dinas Pendidikan antusias belajar membuat bros jilbab dari kain perca.

2. Bawa contoh produk.

Agar peserta bisa melihat contoh yang sudah jadi, sehingga mereka punya bayangan yang lebih jelas bagaimana cara membuatnya. Ini juga bisa meminimalisir banyakya peserta yang bertanya karena kebingungan. Acara menjadi lebih terarah, panitia tidak kerepotan, peserta pun puas karena berhasil membuat karya sesuai selera mereka.

3. Berpenampilan rapi.

Meski terdengar sepele, tapi ini cukup penting. Kalau penampilan kita rapi dan meyakinkan, maka insyaAllah akan menimbulkan kesan professional di mata peserta, sehingga mereka tidak ragu.

4. Makan dan minum secukupnya sebelum acara.

Meskipun pasti ada konsumsi buat kita. Pengalaman, karena saya tidak sempat makan sesuatu sebelum acara, akibatnya saya melatih ibu-ibu dalam kondisi perut keroncongan. Alhasil saya merasa kurang maksimal.

Surat tugas dari kepala sekolah.

5. Siapkan kartu nama.

Kalau ada seseorang yang kira-kira berpeluang kita ajak kerjasama, tinggal kita kasih kartu nama kan, siapa tau suatu saat dewi fortuna menghampiri 😄. Lah, saya diundang ke Dinas Pendidikan kan juga karena memberikan kartu nama waktu eksibisi (pameran) di GOR Goentor Darjono.

Baca juga 💕 3 Trik Sederhana Agar Stand Pameran Ramai Pengunjung

Sementara sekian dulu ya YouNick Lova, kalau ada yang mau menambahkan boleh banget. Kalau ada yang mau order atau kerjasama bisa langsung komen di bawah. Atau kalau mau lihat-lihat katalog produknya bisa follow IG @nick_craft. Nah, yang pengen belajar tutorial produknya cus kepoin instagram @younick.id yaa. Semoga bermanfaat & sukses selalu untuk kita 😊.

Handmade With Love,

Nick

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *